Aneka Jenis Sambal Dijamin Menggugah Selera


Bagi para pecinta makanan pedas, sambal merupakan satu hal yang tidak bisa ditinggalkan ketika makan. Konon sambal dapat membantu menambah nafsu makan. Terdapat dua jenis sambal yaitu sambal mentah dan sambal matang. Sambal matang biasanya diolah dengan ditumis terlebih dahulu, sedangkan sambal mentah langsung diolah dari bahan dan bumbu yang masih mentah.

Meskipun sama-sama berbahan dasar cabai, namun berbeda jenis sambal berbeda pula rasanya. Bahan campuran dan cara pengolahannya yang memberikan rasa berbeda pada setiap jenis sambal. Di Indonesia terdapat berbagai jenis sambal, diantaranya

Sambal Ijo
picture by saribundo.biz

Sambal ijo merupakan sambal andalan yang disajikan pada menu nasi padang. Seperti namanya, sambal ini terbuat dari cabai hijau yang ditumbuk kasar. Jenis sambal ini adalah jenis sambal matang yang proses pengolahannya ditumis terlebih dahulu. Bahan untuk membuat sambal ijo terdiri dari cabai hijau, bawang merah, bawang putih, garam dan tomat hijau.

Sambal Bawang
picture by caramembuatsambal.blogspot.com

Ingin makan sambal tapi gak mau repot lama-lama mengolah sambal? Cobain deh buat sambal bawang sendiri di rumah. Bahannya pun cukup gampang yaitu garam, cabai, bawang merah dan bawang putih. Meskipun cara membuat dan bahannya sederhana, namun rasanya tetap nampol di lidah.

Sambal Terasi
picture by keeprecipes.com

Duh mendengar namanya saja sudah membuat menelan ludah berkali-kali. Apalagi jika disajikan dengan nasi hangat dan ayam goreng. Ya, sambal terasi memang salah satu sambal favorit banyak orang. Rasa dan bau yang khas dari terasi yang membuat sambal ini digemari banyak orang. Untuk sambal ini ada dua pilihan cara menikmatinya, bisa sambal yang matang bisa juga sambal yang mentah. Tapi jangan lupa untuk menambahkan jeruk limau agar lebih menggugah selera makan foodie.

Sambal Mangga
picture by arwini.com

Jika biasanya sambal hanya dilengkapi dengan bahan lain berupa sayuran seperti tomat, bawang atau terasi, sambal satu ini menggunakan buah manga yang menjadi ciri khasnya. Jika dibandingkan dengan jenis sambal yang lain maka sambal manga termasuk jenis sambal yang unik. Rasanya pun tak kalah unik, campuran manga yang asam manis dan cabai yang pedas membuat ketagihan jika mencobanya.


Sambal Kecap
picture by style.tribunnews.com

Mendengar nama sambal kecap, hal pertama yang diingat  yaitu ikan bakar. Ya, sambal kecap memang terkenal cocok dinikmati dengan ikan bakar. Jenis sambal ini adalah sambal mentah dengan cita rasa yang segar. Jika ingin membuat sambal kecap foodie hanya perlu menyiapkan cabai merah yang sudah ditumbuk halus, cabai hijau, bawang merah dan tomat diiris kecil-kecil kemudian semua bahan tersebut dicampur dengan kecap.

Sambal Dabu-dabu
picture by kerjanya.net

Meskipun tidak se-populer sambal terasi namun sambal dabu-dabu tidak kalah segar dengan cita rasa kemangi dan jeruk nipisnya. Sambal yang berasal dari Manado ini terbuat dari garam, cabai merah, bawang merah, cabai hijau, tomat, kemangi dan perasan jeruk nipis. Sama dengan sambal kecap, sambal dabu-dabu juga disajikan mentah dan sangat cocok dimakan dengan aneka seafood.

Sambal Matah
picture by vemale.com

Dari Manado pindah ke Bali. Ya, sambal matah adalah sambal yang berasal dari Bali. Hampir sama dengan sambal dabu-dabu, sambal ini juga disajikan mentah. Perbedaanya hanya pada bumbunya, ada sedikit tambahan pada bumbu sambal matah yaitu serai dan minyak goreng.  Cita rasa dari perasan jeruk nipis menambah kesegaran dari sambal ini.

Sambal Tempoyak
picture by kuliner.babe.news

Mungkin para foodie masih ada yang merasa asing mendengar nama sambal tempoyak. Hampir sama dengan sambal mangga, sambal ini juga menggunakan campuran buah sebagai pelengkapnya. Jika sambal mangga adalah buah mangga sebagai campuran sedangkan tempoyak menggunakan buah durian sebagai campuran. Serius durian? Iya, durian yang digunakan yaitu durian yang sudah difermentasikan. Durian yang sudah matang diambil dagingnya dan masukkan ke dalam toples hingga satu minggu. Selanjutnya campurkan durian dengan sambal yang sudah dibuat sebelumnya yang berbahan dasar cabai, bawang dan garam. Lalu bagaimana rasanya? Soal rasa jangan ditanya deh. Perpaduan rasa pedas dari cabai dan rasa asam manis dari durian dijamin deh mulut ketagihan karena keunikan rasanya. Beberapa daerah seperti di daerah Lmapung Pesisir menjadikan sambal tempoyak hidangan khas mereka yang disajikan dnegan ikan bakar.

Sambal Bajak
picture by resepkuekeringku.com

Sambal bajak sering kita jumpai di warung-warung makan atau restoran di daerah Jawa Tengah. Seperti cita rasa makanan Jawa pada umumnya yang terkenal dengan yang manis-manis, sambal bajak juga memiliki cita rasa yang manis namun tetap pedas. Rasa manis yang dihasilkan berasal dari campuran gula merah dalam pembuatannya. Sambal bajak merupakan jenis sambal matang karena pengolahannya ditumis terlebih dahulu.


Sudah tahu kan aneka jenis sambal khas Indonesia apa saja? Setiap jenis sambal memiliki bahan, pengolahan dan keunikan rasanya sendiri. Kira-kira mana nih sambal favorit foodie?

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter