Jenis Makanan yang Sebaiknya Diolah dengan Cara Direbus


Pengolahan makanan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tergantung kebutuhan dan selera masing-masing orang. Makanan dapat diolah dengan cara direbus, digoreng, dibakar, dan dipanggang. Masing-masing makanan yang diolah dengan cara berbeda juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Makanan yang diolah dengan cara direbus biasanya memilihi rasa yang lebih hambar dibandingkan dengan makanan yang diolah dengan cara digoreng.
Namun makanan yang diolah dengan cara direbus lebih aman untuk dikonsumsi daripada makanan yang digoreng. Hal ini karena pengaruh makanan yang digoreng terhadap sensitivitas insulin pada individu yang mengalami obesitas menghasilkan zat kimia berbahaya yang disebut AGEs yang dapat menimbulkan penyakit diabetes dan jantung. Sedangkan pada makanan yang direbus tidak menimbulkan AGEs. Kelebihan lain dari makanan yang diolah dengan cara direbus yaitu dapat menjaga tekstur makanan serta tetap dapat mempertahankan kadar nutrisinya.
Berikut jenis makanan yang sebaiknya diolah dengan cara direbus
      
      1.      Telur


                                                    pictur eby jambitribunnews.com
 
Siapa sih yang tidak tahu makanan satu ini? Telur adalah salah satu makanan yang mudah didapat dan memiliki banyak cara untuk mengolahnya. Sebagai bahan makanan pelengkap ataupun sebagai makanan yang dimakan secara langsung. Baik dimasak dengan cara direbus atau dimasak dengan cara digoreng.

Kandungan kalori pada telur rebus lebih rendah dibanding dengan telur yang digoreng. Telur memiliki kandungan protein, karbohidrat, kalsium, kolin, fosfor dan nutri yang baik untuk tubuh. Telur rebus juga merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil untuk membantu produksi molekul syaraf pada otak.

      2.      Kentang
                                                            picture by doktersehat.com 

Kentang merupakan makanan yang mengenyangkan karena mengandung karbohidrat. Meskipun kentang merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat, namun kentang tidak berpotensi membuat badan bertambah gemuk. Hal ini karena kentang memiliki kandungan serat yang tinggi. Maka tak heran jika kentang dijadikan makanan alternatif untuk diet. 



Kentang yang dimasak dengan cara direbus memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah. Selain itu, kentang rebus memiliki kandungan magnesium, fosfor, dan kalium yang berguna untuk memperkuat tulang serta dapat bermanfaat bagi sistem syaraf dan otot. Vitamin B-6 dalam kentang dapat bermanfaat untuk pembentukan sel-sel darah dan membentuk energi dari protein, lemak dan karbohidrat.


      3.      Udang

                                                                picture by food.detik.com

Udang memiliki kandungan selenium sebanyak 102%, dimana selenium itu sendiri merupakan mineral yang dapat bermanfaat melawan kanker, degenerasi makula, dll. Selain itu udang juga mengandung vitamin B12 untuk menjaga kesehatan sistem saraf, menghasilkan sel darah merah, dan memproses asam folat. Kandungan protein yang terkandung dalam udang juga cukup tinggi, sebanyak 52% protein dalam tubuh bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi udang. Udang rebus yang berukuran sedang dan telah dikupas memiliki kandungan kalori sebanyak 7 kkal.
      
      4.      Daging merah

                                                          picture by food.detik.com



Umumnya daging merah didapat dari daging sapi segar. Daging merah selain rasanya yang lezat juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Daging merah mengandung asam amino esensial yang tidak terdapat pada sumber protein nabati (kecuali kedelai). Disamping itu daging merah mengandung zat besi, dimana zat besi tersebut berfungsi untuk membentuk Haemoglobin (Hb).

Pada umumnya masyarakat Indonesia mengolah daging merah diolah  menjadi rendang. Namun daging merah yang diolah sebagai olahan sup juga tidak kalah lezat dan tetap terjaga kandungan nutrisinya, dengan catatan proses perebusan daging tidak dianjurkan terlalu lama karena dapat menimbulkan hilangnya kandungan vitamin B12.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter