Olahan Makanan dari Daging Sapi


Saat hari raya Idul Adha sebagian besar masyarakat muslim berkurban baik menggunakan sapi maupun kambing. Maka wajar saja jika saat Idul Adha adalah saat berkumpul keluarga dengan menyantap berbagai macam olahan dari daging. Daging sapi sendiri dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dan lezat. Apa saja jenis makanan yang diolah dari daging sapi? Berikut ulasannya

      1.   Rendang


picture by merdeka.com
Rendang merupakan makanana khas Indonesia yang berasal dari negeri minang. Makanan ini sangat mudah dijumpai karena selalu tersedia di setiap rumah makan padang. Proses memasak makanan ini dilakukan dengan dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Maka tak heran jika memasak rendang bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam.
Makanan yang memiliki cita rasa pedas ini berbahan dasar daging sapi dan menggunakan beraneka jenis bumbu seperti cabai, kunyit, jahe, lengkuas, serai, bawang merah, bawang putih dan bumbu lainnya. Bumbu-bumbu ini bersifat antiseptik dan dapat membunuh bakteri patogen sehingga bersifat sebagai bahan pengawet alami.

      2.      Dendeng
picture by vemale.com

Olahan makanan dari daging selain rendang yaitu dendeng. Dendeng biasanya cara memotong daging tipis-tipis menjadi serpihan dan diberi bumbu dengan saus asam, asin dan manis kemudian dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan dan dijemur. Sama dengan rendang, dendeng juga berasal dari negeri minang. Makanan ini memiliki banyak jenis seperti dendeng balado, dendeng batokok, dendeng baraciak dan dendeng lambok.

      3.       Sate
picture by wikipedia.org

Sate merupakan hidangan yang popular di Indonesia. Sate terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan lidi atau bambu yang dibuat sebesar lidi kemudian dipanggang di atas bara arang kayu. Ada berbagai jenis daging yang dapat disajikan menjadi sate, yaitu daging sapi, ayam, kambing, dan kelinci. Sate disajikan dengan berbagai jenis bumbu seperti bumbu kacang atau sambal kecap. Biasanya sate dijual di pedagang kaki lima di pinggir jalan, pedagang sate keliling, di restoran bahkan dapat juga disajikan saat pesta.

      4.      Semur Daging
picture by notepam.com

Semur daging merupakan menu andalan yang dapat dijadikan menu makan di setiap momen karena pembuatannya yang cukup mudah. Semur daging dapat disajikan dengan berbagai cita rasa seperti pedas, pedas manis atau gurih manis. Daging yang digunakan pun bisa berbagai jenis daging misalnya daging sapi, kambing atau kerbau. Jika foodie ingin menyajikan menu makan daging yang simpel dan tidak memakan waktu yang banyak maka bisa mengolah daging menjadi semur daging yang tak kalah lezat dengan menu makanan dari daging lainnya.


      5.      Abon
picture by resepkoki.id

Makanan yang berbahan dasar dari daging selanjutnya yaitu abon. Abon merupakan makanan yang terbuat dari serat daging dan berwarna cokelat dan cokelat kehitam-hitaman. Biasanya abon dimakan sebagai lauk taburan di atas nasi. Abon juga dapat juga digunakan sebagai isian lemper, taburan bubur ayam, mie pangsit atau dapat dimakan langsung. Pada umumnya abon terbuat dari daging sapi sehingga masyarakat mengenalnya dengan sebutan “abon sapi”. Padahal banyak berbagai jenis daging yang dapat diolah menjadi abon seperti daging kambing atau bahkan dari beberapa jenis ikan dapat diolah menjadi abon. Abon juga termasuk jenis makanan yang awet hingga bermingggu-minggu. Hal ini karena kandungan abon yang hampir tidak memiliki kadar air. Abon dapat disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang kedap udara. Tertarik untuk membuat abon? Yuk baca Cara Membuat Abon Sapi Gurih dan Enak

      6.      Bakso
picture by respkoki.id

Bakso merupakan makanan berbahan dasar daging yang sangat cocok dijadikan menu makan saat berkumpul bersama. Baik acara arisan bersama temna atau berkumpul bersama keluarga. Bakso dapat dibuat sendiri di rumah dan dapat juga dibeli di supermarket ataupun pasar tradisional. Pembuatannya dari tepung tapioka dan dicampur dengan daging yang telah digiling. Umumnya bakso terbuat dari daging sapi, namun bakso juga dapat diolah dari daging ayam, ikan dll. Ada berbagai jenis isian bakso seperti bakso isi urat daging, bakso isi telur, dan bakso isi bakso yang popular dengan bakso beranak. Bakso disajikan dengan campuran mi bihun, taoge, tahu dan ditaburi bawang goreng dan seledri serta kuah gurih khas kaldu sapi. Cita rasa khas gurih kaldu sapi yang gurih dan dinikmati saat panas-panas membuat banyak orang menyukai makanan yang berbahan dasar daging satu ini.

Sudah tahu kan makanan apa saja dari olahan daging sapi? Nah sekarang foodie tinggal pilih mana yang akan dijadikan menu lebaran Idul Adha untuk berkumpul bersama keluarga.


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter