5 Menu Sarapan Khas Orang Indonesia


Ada berbagai macam menu makanan yang dapat dijadikan sebagai sarapan. Tidak sedikit juga menu makanan untuk sarapan yang kebarat-baratan sering direkomendasikan sebagai menu sarapan kita, misalnya sandwich, pancake, oatmeal, sereal dan berbagai jenis menu makanan lainnya. Mungkin sebagian orang ada yang masih asing dengan menu sarapan yang sudah disebutkan tadi. Oleh karenanya kali ini kita akan membahas menu sarapan khas orang Indonesia. Menu sarapan yang Indonesia banget deh. Langsung saja check this out.

      1.      Bubur Ayam




Sedang mencari sarapan yang simple dan mengeynangkan? Coba deh sarapan dengan bubur ayam. Siapa sih yang tak kenal makanan ini? Bubur ayam disajikan dengan suwiran daging ayam, telur, kacang-kacangan, daun bawang, sayur asin, cakwe dan kerupuk. Biasanya bubur ayam dijual keliling di komplek-komplek perumahan atau di warung-warung di pinggir jalan.

      2.      Nasi Uduk


Dengan cita rasa khas gurih santan pada nasi uduk membuat makanan satu ini menjadi favorit banyak orang. Memang sekilas jika dilihat nasi uduk tidak ada bedanya dengan nasi biasa. Namun ketika dimakan ada cita rasa gurih pada nasi uduk dibanding nasi biasa. Karena proses pengolahannya pun berbeda. Saat dimasak nasi uduk dicampur dengan santan kelapa sehingga menciptakan rasa gurih. Biasanya nasi uduk dimakan dengan lauk seperti tempe goreng atau telur. Tidak ketinggalan sambal dan taburan bawang goreng yang melengkapi nikmatnya nasi uduk.

      3.      Lontong Sayur


Pada warung-warung makan dipinggir jalan biasanya lontong sayur dijual berpasangan bersama dengan nasi uduk. Ini karena kedua menu makanan ini yang merupakan menu sarapan khas orang Indonesia. Cita rasa lontong yang lezat biasanya terdapat pada lontong yang cara membuatnya dengan menggunakan daun pisang sebagai bungkusnya. Penyajian makanan ini cukup sederhana, yaitu lontong yang sudah dipotong kecil-kecil disajikan diatas piring kemudian disiram dengan sayur santan serta ditaburi kerupuk dan bawang goreng. Biasanya lontong sayur juga cocok dimakan dengan tempe goreng atau sambal telur.

      4.      Bubur Kacang Hijau


Jika sedang malas mengkonsumsi sarapan yang mengandung banyak karbohidrat seperti nasi dan lontong, solusinya yaitu sarapan dengan bubur kacang hijau. Sebagai menu sarapan bubur kacang hijau atau yang sering dikenal dengan burjo ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu sebanyak 24%. Tidak seperti nasi dan lontong, bubur kacang hijau memang terdengar seperti sarapan yang ringan. Namun foodie juga bisa menambahkan makanan pelengkap lain seperti roti tawar yang dimakan bersama dengan burjo.

      5.      Soto Ayam


Selain lontong sayur, nasi uduk dan bubur yang dapat dijadikan sarapan, soto ayam juga merupakan menu sarapan yang tak kalah lezat lho. Soto disajikan dengan bihun atau sohun, sayuran seperti kecambah dan selederi, ditambah suwiran daging ayam, setengah telur rebus dan disiram kuah kental yang gurih. Jika satu porsi soto dirasa kurang mengenyangkan perut, maka foodie bisa memakannya dengan nasi atau lontong. Nah cukup fleksibel bukan sarapan dengan menu satu ini?

Itulah 5 menu sarapan khas orang Indonesia yang menjadi menu andalan sebagian besar masyarakat Indonesia. Jadi mana nih yang menjadi menu sarapan pilihan foodie?

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter