Jajanan Tradisional Khas Indonesia yang Cocok Dijadikan Teman Santai



Indonesia memang terkenal dnegan keberagaman suku bnagsa dan budayanya. Hal ini berimplikasi pula pada makanan khas setiap daerah. Setiap suku bangsa memiliki corak adat dan budaya yang berbeda-beda, kebiasaan dan daerah yang berbeda-beda menghasilkan makanan dengan aneka ragam cita rasa, bahan dan pengolahannya. Seperti pada artikel berikut ini yang akan membahas tentang jajanan tradisional khas Indonesia.

Serabi

picture by cookpad.com

Jajanan yang terkenal dari Bandung ini merupakan jajanan tradisional Indonesia yang digemari hampir semua kalangan. Serabi terbuat dari campuran tepung beras dan santan. Cara memakannya pun bisa dengan dua cara. Foodie dapat memakan jajanan ini dengan siraman air gula merah atau santan, bisa juga dimakan langsung dengan cita rasa yang gurih.


Kerak Telor
picture by dapurkobe.co.id

Hampir semua masyarakat Jawa pasti kenal dengan makanan satu ini. Makanan yang berasal dari orang Betawi ini tidak kalah terkenalnya dengan berbagai makanan khas Indonesia lainnya. Kerak telor merupakan jajanan yang berbahan dasar telur, beras ketan dan bumbu racik yang gurih. Rasanya yang lezat dan gurih tak jarang jajanan ini banyak digeari anak-anak muda. Jajanan ini sangat mudah ditemukan di sekitar Monas dan Kota Tua.

Kue Putu
picture by style.tribunnews.com

Jika mendengar nama kue satu ini hal pertama yang diingat yaitu suara dengung khas dari gerobak penjual kue putu. Kue putu memiliki cita rasa yang manis, sebab kue ini dibuat dari tepung beras dan didalamnya terdapat gula merah sebagai isian. Biasanya bentuk kue ini seperti tabung namun kecil, dan sangat enak jika disantap saat dalam keadaan panas.

Lupis
picture by dapurmenel.com

Sama seperti serabi, lupis juga disajikan dengan siraman air gula merah, namun bedanya lupis ditaburi sedikit ampas kelapa. Jajanan manis yang berasal dari Jawa ini terbuat dari beras ketan dan dibungkus menggunakan daun pisang kemudian di rebus hingga matang. Disinilah cita rasa lupis sebenarnya yaitu aroma daun pisang ketika menggigit kue ini.

Lumpia
picture by merdeka.com

Lumpia terkenal dari Kota Semarang. Berbeda dengan jajanan dari Jawa lainnya yang terkenal manis-manis, lumpia memiliki cita rasa yang gurih. Jajanan ini terbuat dari lembaran tipis dari tepung yang kemudian diisi dengan aneka isian seperti sayuran, telur, daging dan lain-lain dan selanjutnya digoreng. Jika sudah matang lumpia biasanya dimakan dengan saus atau bisa juga dimakan langsung.

Kerupuk Jangek
picture by tabloid-resep.blogspot.com

Kerupuk jangek berasal dari tanah minang, Sumatera Barat. Jajanan ini banyak dijual di beberapa pasar di Bukittinggi. Jajanan dnegan cita rasa renyah dan gurih ini terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang diproses menjadi kerupuk. Sebagai oleh-oleh, kerupuk ini dapat dibeli dalam keadaan mentah. Bahkan rasanya pun bermacam-macam seperti kerupuk jangek rasa keju dan rasa balado.

Roti Canai
picture by cookpad.com

Roti canai atau yang biasa dikenal dnegan roti Maryam merupakan jajanan tradisional yang berasal dari Aceh. Jajanan dari Aceh ini terbuat dari minyak, tepung terigu, telur dan air hangat yang dicampur hingga adonannya kalis. Selanjutnya dipanggang di atas wajan dan disajikan dnegan berbagai toping seperti kari, parutan keju, meises dan beranek toping lainnya.

Itulah referensi tentang jajanan tradisional khas Indonesia. Jika bosan dengan jajanan modern seperti pizza, burger, hotdog dan segala jenis makanan cepat saji ada baiknya foodie mencoba berbagai jenis jajanan khas Indonesia. Selain sebagai wujud melestarikan makanan lokal, dijamin lebih sehat kok. Untuk soal rasa silahkan buktikan sendiri ya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter