Olahan Makanan dari Ayam


Makanan dengan bahan dasar ayam merupakan makanan yang paling banyak digemari orang. Berbagai olahannya pun bermacam-macam. Selain digoreng ayam juga dapat dinikmati dengan olahan berbagai macam bumbu sehingga menimbulkan cita rasa yang lebiuh lezat. Berbagai olahan ayam seperti ayam geprek, ayam penyet, ayam crispy, ayam betutu dan berbagai jenis olahan dari ayam lainnya dirangkum dalam artikel berikut.

Ayam Geprek
picture by resepkoki.com

Ayam geprek merupakan innovasi baru dalam mengolah ayam menjadi makanan. Ayam geprek dibuat dari ayam nyang digoreng dengan tepung crispy kemudian digeprek atau ditumbuk hingga tulangnya hancur. Selanjutnya disajikan dengan siraman sambal yang pedas. Biasanya ayam geprek disajikan dengan berbagai tingkatan level. Semakin tinggi level yang dipilih maka semakin pedas rasanya.

Ayam Penyet
picture by notepam.com

Sebenarnya ayam penyet hamper sama dengan ayam geprek. Namun bedanya jika ayam geprek dibuat menjadi ayam crispy terlebih dahulu, jika ayam penyet hanya digoreng biasa dan kemudian di penyet. Penyajiannya pun berbeda, jika ayam geprek disajikan dengan sambal yang dipilih dengan berbagai tingkatan level, ayam penyet hanya disajikan dengan satu jenis sambal yang sudah disediakan.

Ayam Crispy


picture by reseptante.com

Jenis olahan makanan dari ayam ini sangat mudah ditemukan karena banyak dijual dipinggir-pinggir jalan hingga di restoran cepat saji terkenal seperti KFC. Selain sebagai lauk untuk makan ayam ini juga cocok untuk dinikmati langsung ketika sedang santai atau menonton tv. Biasanya ayam crispy dimakan dengan saus tomat atau cabai.

Ayam Panggang
picture by notepam.com

Siapa sih yang tak kenal dengan jenis olahan dari ayam yang satu ini? Menu ayam satu ini termasuk jenis menu yang sangat mudah dijumpai di berbagai warung makan hingga restoran besar. Seperti jenis olahan ayam lainnya, ayam panggang juga disajikan dengan berbagai lalapan atau dengan sayur asem.

Ayam Bakar
picture by resepkoki.com

Sebagian besar orang beranggapan bahwa ayam panggang dan ayam bakar adalah menu makan yang sama. Namun sebenarnya terdapat perbedaan dari kedua jenis menu makan berbahan dasar ayam ini. Ayam panggang diolah dengan cara dipanggang menggunakan microwave, sedangkan ayam bakar di bakar di atas bara arang. Ayam bakar juga tak kalah lezat dengan ayam panggang, apalagi dengan cita rasa manis gurih dan pedasnya yang akan membuat lidah foodie ketagihan.

Ayam Betutu
picture by gulalives.com

Ayam betutu merupakan jenis olahan ayam yang berasal dari pulau Dewata. Maka wajar saja jika menu makan ini jarang kita temui terlebih di daerah Pulau Sumatera. Hal unik dan berbeda dari ayam betutu dengan jenis olahan ayam yang lain yaitu cara penyajiannya, ayam betutu disajikan secara utuh. Selanjutnya dipanggang dengan api sekam dan dibumbui dengan bumbu pedas.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter