Makanan Sehat untuk Ibu Hamil


Perkembangan dan kesehatan bayi adalah suatu hal yang penting bagi ibu hamil. Nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu sangat berpengaruh pada perkembangan janin. Sebenarnya bagi ibu hamil tidak perlu makan terlalu banyak makanan karena berpikir nutrisinya akan diserap oleh janinnya juga. Padahal faktanya ibu hamil hanya perlu menambah 300 kalori tambahan atau setara dengan satu buah pisang dan satu mangkok sereal dengan susu yang rendah lemak.
Penting juga untuk diketahui bahwa nutrisi untuk mencukupi kebutuhan janin dapat diperoleh dari makanan yang mengandung asam folat untuk menghindari kecacatan, protein dan kalsium untuk pembentukan jaringan tubuh dan tulang bayi, dan tak lupa zat besi untuk membantu sel darah merah mengangkut oksigen pada janin.
Adapun makanan yang sebaiknya dikonsumsi bagi ibu hamil sebagagi berikut:   
   

      1.      Air Mineral


                                                 picture by bambang1980.blogspot.com
Mengkonsumsi air yang cukup bermanfaat untuk mencegah hemoroid, konstipasi, infeksi kandung kemih, pembengkakan berlebihan serta mencegah bayi lahir prematur. Disarankan untuk mengkonsumsi kurang lebih 2,5 liter air mineral atau setara dengan 10 gelas dalam sehari. Sebagai alternatif lain untuk mendapatkan nutrisi dari minuman ini juga bisa didapatkan dari buah yang memiliki kadar air yang tinggi, susu ataupun jus. Namun perlu diperhatikan bahwa minuman ringan yang memiliki kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan atau hipertensi.
 
      2.      Makanan Sumber Karbohidrat


                                                         picture by halosehat.com
Salah satu makanan sumber karbohidrat yaitu gandum utuh. Gandum utuh mengandung serat, vitamin E dan selenium yang baik untuk perkembangan janin. Untuk memenuhi nutrisi ini ibu bisa mendapatkannya dalam oatmeal, pasta, nasi merah dan roti gandum.

      3.      Daging, ikan dan telur

                                                               picture by pulsk.com
Bagi ibu hamil telur sangat baik untuk perkembangan janin, sebab telur memiliki kandungan kolin yang dapat mendukung perkembangan otak dan tubuh janin, serta dapat mengurangi resiko cacat tabung saraf.

Begitu pula kandungan yang ada pada ikan salmon yang kaya omega 3, dimana nutrisi ini baik untuk menjaga mood ibu hamil.sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih dari 340 gram ikan salmon dalam satu pekan, hal ini untuk mengihndari paparan merkuri.

Sedangkan untuk mencukupi kebutuhan protein bisa didapatkan dari daging yang rendah lemak. Mengkonsumsi daging juga baik untuk kesehatan ibu hamil maupun janinnya. Nemun perlu diingat bahwa olahan daging seperti sosi tidak disarankan untuk dikonsumsi, karena memiliki kemungkinan mengandung bakteri atau parasit.

      4.      Sayur dan Buah

                                                           picture by femina.co.id
Selain air mineral, sayur dan buah merupakan komponen utama menu makan sehat untuk ibu hami. Untuk mendapatkan nutrisi seperti vitamin, mineral dan serat disarankan untuk mengkonsumsi lima porsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang berbeda setiap harinya. Jenis sayuran seperti bayam dan kale mengandung vitamin A, K, C serta asam folat yang baik untuk kesehatan mata.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter