5 Macam Makanan Pokok


Makanan pokok merupakan makan yang menjadi gizi dasar tubuh manusia. Di dalam makanan pokok tidak memiliki kandungan gizi yang dapat menyediakan nutrisi untuk seluruh tubuh. Itulah mengapa makanan poko selalu disandingkan dengan makanan pelengkap seperti sayuran, laukpauk dan buah. Oleh karena makanan pokok merupakan makanan yang menjadi gizi dasar maka umumnya makanan yang dapat dijadikan sebagai makanan pokok memiliki kandungan karbohidrat, bersifat mengenyangkan, harganya murah, mudah ditanam, didapat dan diolah serta dapat disimpan lebih lama. Hal tersebut karena sesuai dengan apa yang dibutuhkan manusia. Beberapa makanan berikut merupakan makanan yang dapat dijadikan makanan pokok.


      1.      Beras
                                                           picture by jateng-tribunnews.com 

Beras memang terkenal sebagai makanan pokok di Indonesia maupun di beberapa Negara di luar negri. Dengan wilayah agraris yang terbentang luas di Indonesia menjadikan beras mudah ditanam dan diolah sebagai pemuas kebutuhan pangan manusia. Di dalam 100 gram beras mengandung 78,3 gram karbohidrat, 7,6 gram protein, 1,1 gram lemak dan vitamin B1 yang ada pada bagian kulit ari beras, terutama pada beras yang ditumbuk.

      2.      Jagung
                                                          picture by liputan6.com

Beberapa masyarakat masih menggunakan jagung sebagai bahan makanan pokok selain beras. Kandungan gizi yang terdapat dalam jagung tidak kalah bermanfaat dnegan beras. Selain itu jagung juga mudah diolah menjadi bahan makanan. Saat harga beras tinggi dan masyarakat tidak memiliki uang untuk membeli beras biasanya jagung dijadikan sebagai campuran ketika memasak beras agar penggunaan beras dapat lebih hemat. Biasanya jagung disajikan hanya dengan direbus, namun foodie juga dapat menikmati berbagai jenis olahan makanan dari jagung dengan berbagai cara memasaknya.

      3.      Gandum
                                                                   picture by khasiat.co.id

Jenis makanan pokok ini masih dalam kelompok tanaman serelia dari padi-padian yangbanyak mengandung karbohidrat. Gandum berbentuk oval dengan panjang 6-8 mm dan diameternya 2-3 mm. Makanan yang baik untuk penderita penyakit jantung dan kolesterol ini mengandung sebanyak 60% - 80% karbohidrat, 2% mineral, 6% – 17% protein, dan vitamin lainnya.

      4.      Kentang
                                                                picture by food.detik.com

Makanan yang sering disukai anak muda dengan nama bekennya French fries ini ternyata termasuk salah satu bahan makanan pokok lho. Kenapa sih kentang bisa disebut makanan pokok? Karena dalam satu buah kentang yang berukuran sedang mengandung 164 kalori, 37 gram karbohidrat, 4,3 gram protein, 0,2 gram lemak dan 4,7 serat pangan. Kentang yang berukuran sedang mampu memnuhi 2% kebutuhanckalsium per hari, 9% zat besi, 30% vitamin B6, 51% vitamin C, 12% magnesium dan 25% kalium. Selain itu, dalam satu mangkuk nasi putih memberikan kalori sebanyak 200 kalo untuk tubuh, ini setara dengan empat buah kentang rebus yang berukuran sebesar telur ayam. Nah, sekarang tahu kan kenapa kentang menjadi makanan pokok.


      5.      Singkong
                                                                   picutre by afikrubik.com

Sejak jaman dahulu singkong sudah menjadi makanan pokok selain beras. Biasanya singkong diolah menjadi berbagai makanan seperti oyek, tiwul dan berbagai makanan lainnya. Kandungan karbohidrat pada singkong setara dengan kandungan karbohidrat pada beras. Singkong dapat diolah dengan direbus dan langsung dimakan atau dapat juga digoreng. Bahkan agar lebih tahan lama singkong dikeringkan kemudian dijadikan tepung.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter