5 Makanan Berkuah yang Cocok Dinikmati Saat Hujan


Saat hujan adalah saat yang tepat untuk bercengkerama bersama keluarga dan menikmati rintik hujan yang turun. Biasanya saat berkumpul bersama selalu tidak ketinggalan makanan untuk melengkapinya. Saat hujan suhu udara menjadi dingin dan sangat cocok sambil ditemani dnegan makanan berkuah yang hangat dan gurih. Nah, makanan berkuah apa saja sih yang cocok dinikmati saat hujan? Berikut ulasannya.

      1.      Bakso
Yap, bakso adalah makanan yang sangat mudah kita jumpai. Baik di warung-warung bakso dipinggir jalan maupun bakso yang dijual secara keliling. Dengan cita rasa dagingnya dan kuah yang gurih menjadikan makanan ini merupakan makanan yang menjadi favorit hampir semua orang. Karena bakso itu sendiri memiliki cita rasa yang gurih, enak, mengenyangkan, mudah didapat dan harganya terjangkau.




                                                                  picture by baksojwr.com

Ada berbagai macam cara orang menyantap bakso. Biasanya tergantung selera masing-masing orang bagaimana menikmati kuahnya. Ada yang memakannya hanya dengan kuah beningnya saja, atau paket lengkap beserta saus, kecap, dan sambal, ada juga hanya kecap saja atau saus saja, ada pula yang hanya dengan kuah dan sambalnya saja. Nah, foodie tipe orang yang makan bakso dengan kuah seperti apa nih?

      2.      Soto
                                                              picture by merdeka.com

Mungkin hampir semua masyarakat Indonesia tahu dan pernah memakan makanan satu ini. Karena seperti yang kita tahu ada berbagai jenis soto seperti soto lamongan, soto jawa dan aneka jenis soto lainnya. Soto juga merupakan salah satu jenis makanan berkuah yang banyak deisukai orang. Perpaduan sayur, bihun dan kuah dengan aneka rempah-rempah menciptakan cita rasa khas ketika menikmati soto.

Di beberapa daerah di Indonesia soto biasnaya disajikan pada acara-acara santai seperti arisan, kumpulan keluarga bahkan ada juga yang menyajikan soto pada acara pernikahan. Namun karena banyak yang menjual di warung-warung maka makanan ini cocok dijadikan teman makan saat hujan.

      3.      Seblak
                                                                  picture by dapurkobe.com

Jika mendengar makanan satu ini maka yang pertama muncul dipikiran adalah kuah, gurih, pedas. Hmm yumm!! Bagi para pecinta makanan kuah yang gurih dan pedas tidak sah rasanya jika belum mencicipi makanan satu ini. Makanan yang berasal dari Bandung ini memang khas dengan rasa gurih dan pedasnya.

Seblak terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan campuran sayuran, mi, sosis, ceker ayam beserta bumbu-bumbu yang menghasilkan cita rasa gurih dan pedas. Ada dua jenis seblak yaitu seblak kering dan kuah. Namun untuk menemani saat hujan dengan keluarga seblak kuah bisa jadi rekomendasi yang baik lho.

      4.      Tekwan
                                                                 picture by craftlog.com

Mungkin ada sebagian orang yang belum tahu makanan ini. Namun bagi orang Sumatera khususnya Palembang dan Lampung pasti tahu dengan tekwan. Karena makanan ini berasal dari negeri wong kito galo atau dikenal dengan Palembang. Tekwan berasal dari kata “Berkotek Samo Kawan” dalam bahasa Palembang, dimana dalam bahasa Indonesia berarti duduk mengobrol bersama teman.

Tekwan merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari olahan daging ikan, tepung tapioka dan bumbu penyedap lainnya kemudian dibentuk bulat-bulat kecil. Umumnya tekwan dilengkapi dengan sohun, irisan bengkoang, jamur, daun bawang, seledri, bawang goreng dan kuah udang yang gurih. Resep lengkapnya baca di Cara Membuat Tekwan

      5.      Mie Rebus
                                                                picture by sidomi.com

Waktu hujan laper tapi mager mau keluar rumah? Asal ada persediaan mie instan di rumah semuanya aman kok. Selain makanan berkuah yang telah disebutkan di atas, mie instan juga bisa direkomendasikan menjadi makanan berkuah yang cocok dinikmati saat hujan.

Apalagi saat memasak campurkan banyak pelengkap seperti sosis, bakso, sayuran dan jangan lupa cabai bagi pecinta pedas. Dijamin deh saat hujan menjadi hangat dan obrolan jadi seru dan jauh dari kata garing.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter