Jenis-jenis Makanan Dibedakan dari Sumbernya


Makanan merupakan bahan pokok kebutuhan manusia yang paling utama. Berdasarkan sumbernya makanan terbagi menjadi dua, yaitu makanan yang bersumber dari tumbuhan dan makanan yang berasal dari sumber hewan. Makanan yang berasal dari tumbuhan misalnya sayuran, buah, dan biji-bijian. Sedangkan makanan yang berasal dari hewan yaitu daging, telur dan hasil olahan susu. Lebih lanjut, dijabarkan melalui pembahasan berikut.


Makanan dari Sumber Tumbuhan

      1.      Sayuran
picture by lifestyle.tribunnews.com

Sayuran merupakan jenis makanan yang menyimpan beragam jenis vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sayuran dapat dikonsumsi secara langsung maupun dimasak terlebih dahulu. Biasanya sayuran yang dimakan langsung disebut dengan lalapan. Bisa dikatakan, sayuran adalah tanaman yang bisa dimakan. Maka sudah pasti bahwa sayuran memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Kandungan gizi pada sayuran daun seperti bayam, lobak, kubis kaya akan protein, serat dan mineral seperti zat besi dan kalsium. Sayuran berdaun hijau mengandung fitonutrien seperti karotenoid, vitamin C, K dan asam folat.

Adapun kandungan gizi pada sayuran bunga seperti brokoli, buyngkul, dll banyak mengandung serat, vitamin C, dan kalsium. Jika mengonsumsi sayuran jenis ini maka akan memberikan kita senyawa sulforaphane yang merupakan senyawa antikanker dan anti diabetes. Begitu juga dengan jenis sayuran kacang-kacangan kaya akan protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Kandungan vutamin dalam sayuran kacang-kacangan yang tinggi adalah vitamin A dan B1. Vitamin B1 itu sendiri dikenal sebagai antineuritik karena dapat mencegah penyakit yang berhungan dnegan saraf. Maka sayuran jenis kacang-kacnagan ini sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil untuk perkembangan janin. Selain kacang-kacangan juga terdapat makanan lain yang merupakan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


      2.      Buah-buahan
                                                     picture by palembang.tribunnews.com

Selain sayuran, buah juga merupakan makanan yang bersumber dari tumbuhan. Buah dan sayuran merupakan makanan yang sangat penting bagi tubuh kita. Sebab buah dan sayuran adalah sinergi yang tidak dapat dipisahkan. Dalam penelitian disebutkan bahwa antioksidan di dalam buah dan sayur akan lebih optimal jika dikonsumsi secara bersama-sama. Kandungan gizi yang utama dalam buah adalah vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Vitamin yang terdapat dalam buah dan sayur diantaranya pro vitamin A, vitamin C, K, E dan vitamin Bkompleks. Sedangkan mineral yang terkandung dalam buah diantaranya kalium, kalsium,natrium, zat besi, magnesium, seng, selenium dan boron. Pada umumnya pria dewasa dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 90 mg per hari. Sedangkan pada wanita dewasa sebanyak 75 mg per hari. Pemenuhan kebutuhan vitamin C dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah jeruk. Meskipun jeruk terkenal dengan kandungan vitamin Cnya, namun terdapat beberapa jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dari jeruk yaitu pepaya, strawberry, kiwi, ubi dan blewah.

Makanan dari Sumber Hewan

1.      Daging
                                                        picture by markaindo.co.id

Daging merupakan bahan pangan yang bersumber dari hewan yang merupakan bagian yang bersifat lunak yang terbungkus kulit dan melekat pada tulang. Biasanya daging berasal dari hewan besar seperti mamalia dan diperdagangkan dalam bentuk potongan-potongan sehingga banya orang menyebutnya daging merah. Sedangkan untuk ikan, hewan laut dan unggas bukan termasuk komoditas daging sebab dapat diperdagangkan secara utuh. Daging non-komoditas ini biasanya disebut daging putih.

Pada umumnya masyarkat lebih familiar dengan daging sapi atau biasa dikenal daging merah. Berbagai macam cara memasak dapat menghasilkan berbagai makanan olahan dari daging. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam daging yaitu zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, protein yang dapat membantu perkembangan otak, begitu juga dengan selenium untuk membentuk zat antioksidan, dan omega 3 yang dapat membantu fungsi jantung, sistem saraf dan hati.

2.      Telur
                                                         picture by jogja.tribunnews.com

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang bersumber dari hewani selain daging, ikan dan susu. Telur dapat diolah dengan berbagai cara seperti diawetkan atau diasinkan, direbus, digoreng, bahkan telur ayam kampung bisa juga dimakan mentah (biasanya digunakan untuk obat).

Pada kuning telur terdapat kandungan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, gigi dan otot. Bahkan kuning telur mengandung kolin yang dipercaya mampu mengurangi resiko cacat saraf pada janin. Maka tak heran jika banyak ibu hamil yang mengkonsumsi kuning telur ketika hamil.

3.      Hasil Olahan Susu
                                                picture by felindaberliana.wordpress.com

Susu merupakan minuman yang dihasilkan dari sumber hewani. Jenis makanan dari hasil olahan susu ini juga memiliki kandungan yang tak kalah baik dengan susu. Sebab bahan dasar pembuatannya susu sehingga tidak mengurangi kandungan bahan dasar yang membuatnya. Jenis makanan yang merupakan hasil olahan susu yaitu mentega, keju, yogurt, es krim dan dodol susu.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter