Olahan Makanan dari Singkong


Di Indonesia tanaman singkong sangat mudah dijumpai, mungkin hampir semua masyarakat Indonesia tahu dengan tanaman satu ini. Bahkan singkong dapat dijadikan makanan pokok sebagai pengganti nasi putih.
Tanaman dari jenis umbi-umbian ini selain dapat dijadikan makanan pokok penghasil karbohidrat daunnya juga dapat dijadikan sebagai sayuran. Selain sebagai makanan pokok pengganti nasi, juga dapat dijadikan aneka jenis olahan makanan dari singkong.olahan makanan yang berasal dari singkong ada yang diolah dengan cara digoreng dan direbus.

Olahan Makanan dari Singkong yang Digoreng

      1.      Combro
picture by tasikasik.com


Para foodie tau gak nih kepanjangan dari combro? Combro berasal dari bahwa jawa yaitu oncom dijero yang artinya oncom di dalam. Sesuai dengan namanya isian untuk makanan olahan dari singkong jenis ini adalah oncom. Makanan yang berasal dari Jawa Barat ini terbuat dari singkong yang sudah diparut dan  diisi dengan oncom kemudian digoreng.

      2.      Keripik Singkong
                 

picture by agrowindo.com

Siapa sih yang tidak tahu cemilan satu ini? Ya, hampir semua orang tau keripik singkong. Selain mudah ditemui, keripik singkong juga mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Caranya iris tipis-tipis singkong yang sudah dibersihkan kemudian goreng, lalu beri bumbu beraneka rasa. Dan keripik singkong siap disantap.

      3.      Misro


     picture by reskoki.id

Hampir sama seperti combro, bahan dasar pembuatan misro adalah singkong yang sudah diparut. Namun bedanya jika isian combro adalah oncom sedangkan misro adalah gula.

Olahan Makanan dari Singkong yang Direbus

      1.      Tiwul


picture by oknusantara.com

Mungkin sebagian orang belum mengetahui makanan satu ini, atau bahkan belum pernah mencobanya. Tiwul merupakan makanan olahan dari singkong yang berasal dari Gunungkidul. Tiwul terbuat dari gaplek. Gaplek sendiri berasal dari singkong yang dikeringkan terlebih dahulu kemudian ditumbuk. Tiwul memiliki rasa manis dan warna kecoklatan dan biasanya disajikan dengan taburan ampas kelapa.



      2.      Cenil

Cenil merupakan makanan yang terbuat dari pati singkong. Ciri khas dari makanan ini yaitu kenyal-kenyal saat dimakan. Biasanya cenil berbentuk spiral namun ada juga yang bulat dan kotak. Sebelum direbus cenil diberi pewarna makanan terlebih dahulu.

picture by vemale.com

Cenil disajikan dengan parutan kelapa dan disiram dengan gula merah yang sudah dicairkan. Saat ini memang keberadaan makanan satu ini sudah mulai sulit ditemukan, apalagi di daerah perkotaan. Namun di daerah pedesaan masih banyak yang menjual cenil, para foodie bisa mendapaatkan makanan satu ini di pasar tradisional ataupun pasar semi tradisional.

      3.      Gethuk


           picture by kulinerumkm.com

Gethuk adalah makanan yang berasal dari Jawa. Makanan yang terbuat dari singkong ini sangat populer pada masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur. Seperti makanan khas daerah jawa pada umumnya, gethuk juga memiliki rasa yang manis. Makanan ini terbuat dari singkong yang direbus dan kemudian ditumbuk. Kemudian disajikan dengan parutan kelapa.

Nah, sekarang foodie tau kan makanan apa saja yang berasal dari singkong. Baik yang digoreng ataupun yang direbus keduanya memiliki rasa yang lezat dan tidak mengandung pengawet ataupun zat tambahan makanan yang berbahaya. Apalagi cara pembuatannya yang mudah cocok untuk rekomendasi makanan saat santai dengan keluarga.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter