5 Jajanan SD ini Dijamin Bikin Kangen


      1.      Cilok

      Siapa sih yang tak kenal makanan satu ini? Cilok merupakan makanan yang berasal dari Jawa Barat. Seperti namanya cilok adalah singkatan dari aci di colok. Dimana aci/tepung tapioca itu sendiri adalah bahan dasar untuk membuat cilok, dan cara penyajiannya dicolok dengan tusuk dari poho bamboo, maka orang menyebutnya cilok.
   


                                                             picture by merdeka.com

Meskipun bentuknya mirip dengan bakso, namun ada perbedaannya ya foodie. Jika bakso berbahan dasar tepung terigu dan dicampur dengan daging, sedangkan cilok berbahan dasar tepung tapioka. Namun terkadang cilok juga terdapat varian isinya. Misalnya cilok isi telur, cilok isi sosis, cilok isi ikan, cilok isi daging dan masih banyak lagi varian isian untuk makanan satu ini. Cara membuatnya juga cukup mudah, foodie dapat membuatnya sendiri di rumah dengan menyimak resep Cara Membuat Cilok dan Bumbunya 

      2.      Telur Gulung


                                                                  picture by beautynesia.id

Sama simpelnya dengan cilok, makanan ini juga hanya berbahan dasar telur. Cara membuatnya yang mudah, harganya yang murah dan rasanya yang lezat maka wajar saja jika telur gulung menjadi makanan favorit anak SD. Telur gulung disajikan dengan saus pedas ataupun mayonnaise yang dibubuhi diatasnya. Jika foodie rindu dengan makanan ini dan malas keluar rumah untuk membelinya maka foodie bisa membuatnya sendiri.

      3.      Mi Lidi
                                                                 picture by lidigeli.com

Anak SD 90-an pasti tahu kan jajanan satu ini? Ya, mi lidi adalah salah satu jajanan saat duduk dibangku sekolah dasar yang menjadi jajanan yang banyak dicari pada jamannya. Bahkan sampai sekarang keberadaan jajanan mi lidi makin berkembang. Karena tidak hanya dijual di pedagang di SD saja namun beberapa minimarket dan supermarket sudah menyediakan jajanan ini bahkan dengan banyak varian rasa. Lalu kenapa sih namanya mi lidi? Hal ini dapat kita lihat dari bentuknya yang kaku seperti lidi dan terbuat dari tepung terigu seperti mi pada umumnya.

      4.      Es Kado
          
picture by deskgram.com


Sebenarnya es kado hampir sama dengan jenis es potong pada umumnya. Namun es kado memiliki keunikannya sendiri. Apa keunikan dari es kado? Ya, keunikannya terletak seperti namanya. Es kado disajikan dengan bungkus seperti kertas kado atau berasal dari plastik yang biasanya untuk membungkus kado, sehingga es ini memiliki julukan es kado. Sama seperti es potong lainnya, es kadi ini memiliki cita rasa khas santan yang gurih dan biasanya es kado berbentuk kotak.

      5.      Opak Singkong


Opak adalah jajanan ringan yang berasal dari singkong. Jangan salah ya, jajanan ini memiliki rasa yang gurih dan enak. Tidak seperti kebanyakan jajanan yang berasal dari singkong yang diolah menjadi jajanan manis. Opak merupakan kerupuk yang terbuat dari singkong. Bentuknya tipis dan sedikit lebar, biasanya opak dimakan dengan sambal. Baik sambal goreng, sambal terasi atau dapat juga dimakan dengan saus.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter