Makanan Enak Belum Tentu Sehat


Saat ini makanan bukan lagi tentang kebutuhan, banyak orang yang menjadikan makanan sebagai gaya hidup. Gaya hidup yang seperti apa? Misalnya kita dapat lihat orang meniru makan makanan orang asing dengan tujuan agar terlihat keren atau kebule-bulean. Akibatnya orang semakin tidak memperhatikan gizi maupun kandungan yang ada di dalamnya apakah berbahaya atau tidak. Seperti jenis makanan berikut meskipun enak tapi belum tentu sehat ya.

      1.      Minuman Beralkohol

                                                           picture by nasional.kontan.co.id

Dalam ajaran orang Islam minuman ini jelas diharamkan atau tidak boleh dikonsumsi. Mungkin bagi sebagian besar orang sah-sah saja jika meminum minuman beralkohol dengan alasan membuat badan menjadi lebih rileks ketika mendapat masalah. Namun meminum alkohol sebanyak 2-4 kali dlaam seminggu dapat meningkatkan resiko kanker.
Selama proses fermentasi dan pengemasan bisa saja terjadi pencemaran bahan-bahan karsiogenik terhadap minuman. Lagi pula ketika tubuh memcah alkohol akan menghasilkan asetaldehida yang merupakan bahan kimia yang dapat merusak DNA dan protein.


      2.      Makanan Kaleng
    
                                                          picture by hargo.co.id

Mengkonsumsi makanan kaleng memang menjadi kebiasaaan tersendiri bagi sebagian orang. Selain mudah didapat juga praktis karena tidak perlu repot mengolahnya. Namun tahukah anda bahwa makanan kaleng dapat menyebabkan resiko kanker pada tubuh.
Sebuah penelitian menunjukkan hampir 70% pengujian kemasan makanan kaleng di AS mendeteksi adanya kandungan BPA yang dapat menyebabkan kanker dan kerusakan neurologis.

      3.      Microwave Popcorn
       
                                                      picture by budgetbytes.com

Popcorn adlaah salah satu teman yang cocok untuk menemani menonton film. Namun sayangnya, popcorn yang dibuat dengan microwave ini ternyata tidak baik untuk tubuh. Karena kemasan popcorn microwave dilapisi dengan asam perfluorooctanoic yang merupakan bahan kimia yang dapat menyebabkan infertilitas pada wanita. Selain itu juga dapat menyebabkan penyakit kanker, hati, ginjal, pankreas, kanker testis dan kenadung kemih.

       4.      Salmon Budidaya
     


                                                          picture by republika.com
 
Ikan salmon yang dibudidayakan di peternakan baisanya sudah banyak diberikan pestisida dan bahan kimia lainnya. Hal ini menyebabkan ikan kurang sehat dan kandungan gizinya berkurang.
Sebuah penelitian mengungkapkan 7 dari 10 salmon ternak di Washington, San Francisco, DC, Portland dan Oregon memiliki kandungan polychlorinates biphenyls (PCB) yang dapat mengakibatkan resiko penyakit kanker.
Sebaiknya foodie lebih berhati-hati ya kalau ingin mengkonsumsi ikan salmon. Harus mengetahui dari mana ikan tersebut berasal.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter