Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Marhaban Yaa Ramadhan. tinggal hitungan hari umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa. Ibadah puasa di bulan Ramadhan bagi umat Islam merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu. jelas, bagi umat Islam bulan Ramadhan merupakan ladang untuk mengumpulkan pahala yang didapat dengan cara menunaikan ibadah puasa dan ibadah lainnya.

Namun, realitas pada masyarakat Indonesia yang ada, bukan hanya umat Islam saja yang menanti bulan Ramadhan tiba. Banyak dari kalangan masyarakat meskipun bukan umat Islam menanti bulan Ramadhan. Sebab pada bulan Ramdhan bukan hanya ladang pahala yang didapat namun juga ladang rezeki bagi para pedagang.

Banyak hal yang menjadi ciri khas bulan Ramdhan di Indonesia. Mulai dari makanan, minuman, dan budaya lainnya. Pada kali ini saya akan membahas makanan dan minuman yang selalu khas saat bulan Ramadhan. check this out..



1. Kolak
                                                        picture by okezone.com


Siapa sih yang gak tau kolak? Makanan ini adalah salah satu makanan yang selalu hits di meja makan ketika bulan Ramadhan. Kolak merupakan makanan yang terbuat dari buah pisang, namun ada juga yang menambahkannya dengan buah lainnya seperti ubi, nangka dan lainnya sesuai selera masing-masing. Buah-buahan tersebut direbus dengan menggunakan air gula yang dicampur dengan santan. Untuk menambah aroma wangi biasanya orang menambahkannya dengan daun pandan.

Kolak juga punya filosofis lhooo. Meskipun jaman sudah milenial, namun Indonesia masih tidak terlepas dengan adat budayanya lhoo. Seperti halnya kolak, makanan khas Ramadhan satu ini juga mempunyai filosofisnya. Mengutip dari tribunnews.com kolak berasal dari kata "Khalik" yang artinya Sang Pencipta. Dimana makna makanan kolak tersebut ditujukan agar selalu ingat dan mendekatkan diri kepada Sang pencipta. Bahan-bahan yang dibuat juga mempunyai arti masing-masing. Buah pisang yang umumnya dimasak untuk membuat kolak yaitu buah pisang kapok. Pisang kapok sendiri dipakai sebagai bahan untuk membuat kolak agar manusia harus kapok dengan dosa-dosanya dan segera bertaubat.

2. Kurma
                                                          picture by strarberita.com 
Buah kurma memang bukan merupakan buah khas yang berasal dari Indonesia. Namun kurma identik dengan umat Islam sebab buah kurma itu sendiri berasal dari negara Arab dimana negara tersebut merupakan awal mula peradaban umat Islam. Kurma merupakan salah satu makanan yang disukai Rasulullah Salallahualaihi Wasala. Sebagai umat Islam yang melaksanakan ibadah di Bulan Puasa tentu mengharapkan pahala sehingga sebagian besar umat Islam mengkonsumsi kurma pada bulan puasa karena mengikuti sunah Nabi. 


3. Timun Suri

                                                          picture by mediskus.com

Entah mengapa persediaan timun suri selalu menumpuk di saat bulan puasa. Hal ini dapat kita lihat di pinggir-pinggir jalan maupun di pasar banyak yang menjual buah ini. Meskipun memiliki rasa yang hambar timun suri tetap menempati posisi makanan yang paling dicariketika bulan puasa. Biasanya timun suri dikonsumsi sebagai campuran es buah atau dapat dimakan secara langsung.

4. Cendol
                                                            picture by sportourism.id

Sama seperti kolak, keberadaan cendol ketika bulan puasa sangat dicari orang untuk dijadikan minuman takjil ketika berbuka. Cendol berasal dari Jawa Barat dan terbuat dari tepung beras. Penyajiannya biasanya dicampur dengan gula merah dan santan kemudian diberi es batu. 

5. Kolang Kaling


                                                              picture by msn.com

Kolang kaling merupakan biasanya dimakan sebagai campuran dalam minuman es ataupun campuran kolak. Kolang kaling berasal dari biji pohon aren. Buah ini memiliki ciri-ciri bentuknya yang lonjong, transparan dan licin. Buah ini memiliki kandungan kadar air yang tinggi maka tak heran jika kolang kaling banyak dicari sebagai menu santapan ketika berbuka.
 

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter