Liburan ke Jogja? Jangan Ketinggalan 6 Oleh-oleh Kuliner Manis Khas Jogja


Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang paling banyak diminati para wisatawan. Kota ini memiliki daya tarik sendiri baik wisatawan mancanegara maupun lokal. Tempat wisata yang dikunjungi pun beragam mulai dari kuliner, penginapan hingga tempat wisatanya pun sangat mudah dijangkau dan harganya sesuai dengan kemampuan kantong.

Selain banyak destinasi wisata dengan nilai kesenian yang tinggi Jogja juga terkenal dengan aneka makanan khas orang Jawa. Jika berlibur di kota ini sangat kurang rasanya jika tidak membawa buah tangan khas Jogja. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai kuliner manis khas Jogja yang paling banyak dijadikan oleh-oleh.


Gudeg


picture by cookpad.com


Selain bakpia kuliner lain yang terkenal dari Jogja yaitu Gudeg. Kuliner ini terbuat dari nangka yang diolah menjadi sayur dan rasanya cenderung manis. Gudeg memiliki dua jenis yaitu gudeg basah dan kering. Untuk keperluan oleh-oleh tentu gudeg kering yang harus anda pilih. Sebenarnya kedua jenis gudeg ini hampir sama, hanya saja cara pengolahan gudeg kering lebih lama agar tetap awet. Rasanya pun sedikit lebih manis jika dibandingkan gudeg basah. Untuk membeli oleh-oleh ini anda dapat mengunjungi warung Gudeg Yu Djum di jalan Kaliurang 5 Yogyakarta. Baca : Resep Rahasia Membuat Gudeg Asli Jogja

Bakpia Pathok


picture by gudegkalengku.blogspot.com

Bakpia Pathok merupakan salah satu jenis kuliner khas Jogja yang paling banyak dicari untuk dijadikan oleh-oleh. Kue yang terbuat dari olahan tepung terigu ini memiliki berbagai macam varian rasa. Ada berbagai macam jenis Bakpia Pathok khas Jogja misalnya bakpia dengan rasa cokelat, keju, kacang hijau, ketan hitam dan lain-lain. Anda dapat membeli oleh-oleh ini di pasar beringharjo, disekitar jalan Malioboro dan berbagai pusat oleh-oleh khas jogja yang tersedia di pinggir-pinggir jalan.


Yangko


picture by katalogkuliner.com

Liburan ke Jogja tidak puas rasanya jika tidak membawa oleh-oleh satu ini. Ya, yangko memang oleh-oleh khas Jogja yang memiliki cita rasa manis yang legit dan berwarna-warni. Jajanan yang hampir mirip dengan moci ini terbuat dari tepung ketan sehingga teksturnya kenyal. Di tempat asalnya, produk yangko yang terkenal yaitu yangko Pak Prapto. Bahkan Pak Prapto disebut sebagai generasi pertama produsen pembuat yangko di Yogyakarta sejak 1921.

Geplak


picture by gudeg.net

Kuliner khas Jogja yang manis selanjutnya yaitu geplak. Jajanan ini terbuat dari gula, kelapa muda dan pewarna makanan. Rasanya pun bermacam-macam seperti rasa durian, coklat, nangka dan lainnya. Geplak berbentuk bulat dan sedikit tebal. Meskipun begitu rasanya tetap lembut dan tidak keras ketika dimakan. Jajanan ini dapat anda dapatkan langsung pada produsennya di Jalan KH. A Wahid Hasyim, Yogyakarta tepatnya di Geplak Mbok Tumuk.

Cokelat Monggo


picture by spotunik.com

Seperti namanya, cokrlat ini memang khas jawa banget. Monggo sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti “silahkan”. Meskipun pendirinya berasal dari Belgia namun biji cokelat yang digunakan untuk membuat cokelat monggo berasal dari lokal seperti Sumatera, Jawa dan Sulawesi. Kemasannya pun bergambar wayang yang merupakan icon budaya asli Indonesia. Jika ingin membeli cokelat ini anda hanya perlu datang ke Jalan Dalem KG III/978 Kotagede, Yogyakarta. Selain dapat membeli anda juga dapat melihat secara langsung proses pembuatannya. Menarik bukan

Wingko Babat


picture by cookpad.com

Berbicara manis dan legit tidak ketinggalan makanan khas Jogja satu ini yaitu wingko babat. Bagi pecinta rasa manis pasti sangat menyukai kuliner ini. Jajanan yang berbentuk bulat dan pipih ini terbuat dari kelapa, ketan, santan, vanili, gula pasir dan garam. Rasanya sangat manis dan berserat yang berasal dari kelapa. Harganya sangat terjangkau yaitu berkisar Rp. 500 hingga Rp. 1.000. Untuk oleh-oleh biasanya dijual per pack.

Sudah tahu kan kuliner manis apa saja yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Jogja. Selain makanan  ada berbagai jenis oleh-oleh khas Jogja yang sangat recommended mulai dari kerajinannya, pakaian batik hingga aksesoris dan pernak-pernik dari kayu. Dijamin deh oleh-oleh khas Jogja membuat kamu ingin datang lagi dan datang lagi. Baca juga : 7 Kuliner Khas Bandung yang Harus Dibawauntuk Oleh-oleh

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter