7 Kuliner Khas Bandung yang Harus Dibawa untuk Oleh-oleh


Selain Jogja destinasi wisata kota di Indonesia yang terkenal yaitu Bandung. Kota yang terkenal dengan budaya Sunda ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang instagramable. Selain itu fasilitas dan kelengkapan sarana kegiatan bagi anak muda sangat memadai. Inilah alasan mengapa banyak orang terutama anak muda yang ingin tinggal di Bandung.

Tak hanya tempat wisata Bandung juga terkenal dengan kulinernya yang sangat beragam. Mulai dari yang manis, gurih sampai yang pedas. Bahkan di beberpaa daerah di luar Bandung banyak yang mnejual kuliner khas Bandung. Maka merupakan suatu hal yang wajib bagi foodie jika berkunjung ke Bandung harus membawa makanan berikut sebagai oleh-oleh.

Batagor

picture by jualo.com

Siapa sih yang tidak kenal dnegan jajanan satu ini? Batagor merupakan jajanan khas Bandung yang paling populer. Banyak yang menjual jajanan ini di daerah luar Bandung. Meskipun begitu tidak ada salahnya jika foodie ingin menjadikan batagor sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman di rumah. Pasalnya batagor yang dijual di Bandung tentu memiliki cita rasa bumbu yang khas asli orang Bandung.

Cireng

picture by cookpad.com

Sama dengan batagor, jajanan ini juga terkenal di berbagai daerah di luar Bandung. Rasanya yang gurih membuat makanan ini banyak yang menyukai. Cireng terbuat dari tepung kanji, bawang putih, garam, merica dan air yang kemudian digoreng dan disantap dengan sambal kacang atau bumbu rujak pedas. Namun sekarang berbagai inovasi dilakukan hingga menciptakan cireng dengan berbagai varian isi seperti cireng isi daging, keju, sosis dan lain-lain.

Seblak

picture by dapurkobe.co.id

Jika Jogja terkenal dengan aneka makanan yang bercita rasa manis maka hal ini berbeda dengan Bandung. Kuliner khas dengan cita rasa yang guriih danpeda banyak ditemui di kota yang disebut Bandung Lautan Api. Seperti makanan satu ini yaitu seblak. Seblak sangat dikenal karena rasanya yang sangat pedas. Ada dua jenis seblak yaitu seblak basah dan kering. Untuk dijadikan oleh-oleh foodie bisa membeli seblak kering untuk kemudia diseduh dirumah. Rasanya tidak kalah enak kok dengan seblak basah.


Basreng

picture by cookpad.com

Kuliner khas Bandung yang dapat dibawa untuk oleh-oleh selanjutnya yaitu basreng. Basreng merupakan singkatan dari bakso goreng. Sesuai namanya jajanan ini terbuat dari bakso yang digoreng sampai kering dan diberi aneka macam bumbu. Basreng bisa dinikmati dengan rasa gurih, pedas, balado, jagung manis, jagung bakar dan bermacam aneka rasa lainnya. Makanan ini sangat cocok dijadikan makanan ketika sedang santai dan berkumpul bersama teman dan keluarga. So, sangat cocok bukan untuk dijadikan buah tangan kamu saat liburanke Bandung?

Surabi

picture by lifestyle.sidonews

Jika sebelumnya disuguhkan dengan kuliner yang pedas dan gurih maka kali ini disuguhkan dengan jajanan khas yang manis. Foodie pasti sering mendengar jajanan satu ini. Surabi adalah kuliner khas Bandung yang memiliki cita rasa manis bahkan topingnya pun manis-manis. Biasanya surabi dinikmati dnegan siraman air gula. Namun sekarang surabi juga bisa dinikmati dengan aneka toping seperti cokelat, keju, green tea dan aneka toping lainnya.

Peuyeum

picture by travel.tribunnews

Jika dilihat sekilas peuyeum memang terlihat seperti tape. Namun sebenarnya berbeda, tekstur pada peuyeum lebih kering dibandingkan dengan tape. Peuyeum terbuat dari singkong yang direbus dan kemudian didinginkan. Jika sudah benar-benar dingin kemudian taburisingkong dengan ragi. Diamkan dalam wadah tertutup selama dua hingga empat hari. Jika sudah jadi teksturnya menjadi empuk dan rasanya manis.

Wajit Cillin

picture by idetraveling.com

Ini nih jajanan yang tidak pernah absen dari list oleh-oleh sebagian besar orang. Wajit Cillin merupakan makanan yang memiliki cita rasa manis yang khas dengan rasa gurih kelapa. Makanan yang mirip dengan dodol ini memiliki ciri khas pada bungkusnya. Pada umumnya dodol dibungkus dengan plastik, berbeda dengan wajit cillin yang dibungkus dengan daun jagung yang sudah kering. Rasanya pun tidak kalah legit dengan jenis dodol lainnya.


Nah itulah beberapa pilihan yang dapat dijadikan referensi sebagai makanan oleh-oleh khas Bandung. Sebelum menentukan oleh-oleh yang akan dibawa sebaiknya perhatikan terlebih dahulu ya foodie makanan yang dipilih dapat bertahan berapa lama. Jangan sampai oleh-oleh yang dibawa sudah tidak layak dikonsumsi ketika foodie sudah sampai di rumah.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter